Memahami Peran Call Center Indonesia

Raja Kreatif, Memahami Peran Call Center Indonesia | Update lagi, hari ini kami ingin berbagi sedikit ilmu seputar peran call center. Tulisan yang kami sajikan kali ini menceritakan tentang fungsi dan peran call center. Di era zaman modern saat ini kita pasti pernah menghubungi Call Center, entah itu dalam urusan Perbankan, Telekomunikasi, Travelling, Paket Kiriman, sampai ke persoalan komplain yang semuanya pasti ada Call Center . Tapi pernah tidak Anda mengetahui ke dunia Call Center di Indonesia. Jadi, silahkan Anda baca artikel mengenai peran call center agar wawasan anda semakin luas.

Fungsi dan Peran Call Center Indonesia

Memahami Peran Call Center Indonesia
Memahami Peran Call Center Indonesia

Call Center adalah Foundation of your Company.  Bayangkan, jika terjadi apa-apa yang berhubungan dengan pelayanan, biasanya Anda pasti menelpon dulu Call Center. Nah, apabila pelayanannya jelek, nama perusahan juga turut serta tercoreng. Itulah kenapa perusahaan perlu berinvestasi banyak dalam hal Call Center. 

Semisal, jika Anda mau ikutan Open Trip, operatornya susah di hubungi via telepon atau chat yang ribet, lama dibalasnya atau informasi yang diberikan kurang jelas. Pasti Anda akan kesal dan akhirnya bikin kapok, kemudian pindah ke operator Open Trip yang lain. Jadi, sekedar mengingatkan jika perusahaan memakai call center agar bisa meningkatkan pelayanan yang efisien, efektif dan memuaskan.

Seiring dengan berjalannya waktu, tantangan pun makin beragam. Apalagi menghadapi generasi jaman sekarang. Generasi sekarang adalah Generation C. Always Connected Digitally. Maksudnya disini adalah dunia ada dalam genggaman. Hanya bermodal smartphone bisa mendapatkan akses yang mudah. Sehingga harus siap 24 jam dalam sehari, tiap hari dalam seminggu harus siap menghadapi pelanggan yang banyak permintaanya. 

Jadi, pertanyaannya apakah perusahaan Anda siap melayani mereka ?. Maka dari itu Call Center pada perusahaan berlomba-lomba meningkatkan pelayanan supaya bisa memenuhi kebutuhan pelanggan. Mulai dari yang konvensional via telepon, sampai membuat banyak sistem baru supaya pelayanan lebih baik, seperti pelayanan di social media, sampai membuat chat bot berbasis Artificial Intelligence.

Sekedar informasi sedikit bagi Anda jika pelayanan Call Center milik pemerintah juga sedang digenjot juga supaya bisa meningkatkan pelayanan. Tahukah Anda jika di Indonesia ada program nomor tunggal panggilan darurat 112 telah dilaksanakan sejak akhir tahun 2016 di Surabaya, Kota Batam, Tangerang, Depok, Bogor, Bandung, Solo, Denpasar, Mataram, Balikpapan dan Makasar. Namun, pada tahun ini Gresik akan juga memiliki panggilan darurat tersebut.

Di Jakarta , Pemprov DKI Jakarta bersama Kemkominfo sudah menjalankan panggilan darurat 112 di tahun 2016 dengan nama Layanan Jakarta Siaga 112.  Layanan Call Center Jakarta Siaga 112 ini Semacam 911 versi Indonesia gitu. Jika Anda butuh bantuan karena kecelakaan, bencana, keamanan, KDRT, kejahatan dll.

Nomor 112 ini mudah diakses,  bebas pulsa, bahkan bisa ditelpon dari handphone yang tidak pakai kartu SIM. Pada sistem sebelumnya yang ribet, Anda punya banyak nomor call center untuk masalah yang berbeda. Sekarang tinggal telepon nomor 112, semua hal bisa dibantu. 

Meskipun idealnya seperti 911, tapi masih perlu banyak peningkatan karena ternyata membangun sistem seperti 911 di Amerika itu biayanya besar dan perlu banyak sosialisasi supaya warganya bisa memakai fasilitas ini dengan benar. Soalnya baru setahun berjalan salah satu tantangan terbesar yang dihadapi selain kendala teknis adalah banyaknya prank call yang masuk. 

Baca Juga : Call Center 112, Panggilan Darurat Versi Indonesia

Penutup

Bagaimana? lumayan kan pembahasan berfaedah kali ini. Mengintip sedikit dunia Call Center yang ternyata tak sesederhana Mbak-Mbak hanya ngomong via telepon menerima komplain. 

Mereka punya SOP, harus selalu bersikap profesional menghadapi semua kebutuhan masyarakat ataupun konsumen. Anda sebagai masyarakat perlu juga sebaiknya mengikuti prosedurnya, Disarankan agar berbicara dengan tutur kata yang sopan. Karena para call center ini juga manusia yang mempunyai perasaan. 

Anda bisa menyampaikan masalah Anda dengan jelas, panik dan emosi Anda bisa dikurangi dulu sebelum menelepon. Jika Anda masih emosi dan panik, masalah Anda pasti tidak akan tertangani dengan baik.  Semoga artikel kali ini memberi gambaran sedikit soal dunia Call Center di Indonesia.

Leave a Comment

Chat
Chat