[Field Report] FGD Layanan Panggilan Darurat “Call Center 112” Kab. Gresik

Raja Kreatif, Reportase Layanan Panggilan Darurat “Call Center 112” Kabupaten Gresik – Apakah anda sudah pernah mendengar Call Center 112 ? Nah beruntung kami sudah mendengar layanan ini di kota Surabaya. Namun bagi anda yang belum pernah mendengar istilah 112, maka sedikit lebih kami jabarkan mengenai layanan ini. Berikut adalah penjelasan kami selain menjadi peserta juga menjadi Moderator untuk Forum Discussion Group ini.

Call Center 112, Layanan Panggilan Darurat

Dasar Hukum Call Center 112

Sebenarnya Call Center 112 adalah layanan panggilan darurat yang sudah menjadi standar internasional. Dimana layanan ini mencakup banyak layanan di dalamnya seperti Darurat Medis, Darurat Kebakaran, Darurat Bencana, Darurat Keamanan dan Ketertiban dan Darurat Lain yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

Tujuan tidak lain memudahkan masyarakat melakukan pelaporan kondisi darurat, Mempercepat penanganan kondisi darurat oleh satuan terkait serta mengurangi dampak bahaya yang ditimbulkan oleh keadaan darurat.

Adapun Dasar Hukum Nomor 112 pun banyak antara lain :

  • UU No 36 / 199 Tentang Telekomunikasi
  • Permenkominfo 10/2016 tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat
  • Keputusan Dirjen PPI 112/2019 tentang Pedoman Teknis Penyediaan Layanan Nomor Panggilan Darurat 112.

Kebutuhan dan Kesiapan Pemkab Gresik

Saat ini Pemkab Gresik dalam hal ini dijalankan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika sudah siap dalam infrastruktur dan juga sedang mempersiapkan SDM untuk pelayanan ini. Mengapa dibutuhkan layanan infrastruktur terlebih dahulu karena sistem ini dibutuhkan koordinasi dan sinergi antar OPD di Pemerintah Kabupaten Gresik Sendiri.

Adapun dalam penyelenggaraan ini Pemerintah Kabupaten Gresik sendiri sudah mempersiapkan dalam hal pelaksanaan ( Anggaran, Perangkat, Aplikasi, SDM, Saran dan Prasarana ) tinggal melakukan Forum Discussion Group dengan OPD serta melakukan sosialisasi kepada masyarat Kabupaten Gresik

Ketika Raja Kreatif mengunjungi Ruangan Call Center 112 sudah nampak 2 monitor besar untuk big screen ditambah dengan 4 monitor dan PC yang menghandle pengaduan dari masyarakat. Ruangan yang disiapkan pun sudah dirasa nyaman disertai dengan hardware yang compatible didalamnya. Sehingga kami berharap agar pertengahan bulan Maret 2020 sudah bisa beroperasi dan diresmikan oleh Bapak Bupati.

Sinergi Diskominfo dengan OPD lain dan Media terkait

Dalam acara yang berlangsung juga dihadiri dengan banyak perangkat dinas lain seperti Polres, Kodim, Pemadam Kebakaran , Dinas Sosial, Pihak Kecamatan dan beberapa rekan Media lainnya. Semuanya saling mendukung untuk segera di publikasikan layanan 112 ini ke masyarakat.

Hal ini akan mendukung juga kinerja 110, dimana merupakan layanan panggilan darurat dari Polres Gresik dimana juga hadir dalam acara tersebut. 108 milik dinas kesehatan pun saling sinergi. Pastinya hal ini akan membuat gresik lebih baik nantinya.

Baca Juga :
Kini Gresik Punya Call Center 112, Mau Tahu ?

Ditunggu informasi selanjutnya dari Raja Kreatif, mengenai Reportase Layanan Panggilan Darurat “Call Center 112” Kabupaten Gresik dimana pastinya akan diadakan Forum Group Discussion selanjutnya dengan OPD terkait. Sekian dan terima kasih , semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Leave a Comment