8 Peran Penting Digital Marketing dalam Bisnis

Raja Kreatif – Sekarang ini digital marketing dikenal sebagai bidang pekerjaan yang sangat berkembang pesat dan memiliki banyak peran penting dalam bisnis. Dengan mengetahui peran penting dari digital marketing, dapat membantu kita untuk membentuk skil dan strategi digital marketing yang baik dan benar.

Digital marketing ada untuk mengembangkan strategi digital marketing yang inovatif dengan memanfaatkan teknologi digital. Digital marketing dapat dibilang, ditujukan untuk orang yang kreatif dan mau belajar di bidangnya.

job desc dan tugas digital marketing dalam bisnis
Job Desc dan Tugas Digital Marketing dalam Bisnis

Peranan Penting Digital Marketing yang Harus Kita Ketahui

Berikut beberapa peranan penting dari digital marketing dalam bisnis yang harus kita ketahui

1. Digital Marketing Specialist

digital marketing strategist
Digital Marketing Strategist

Digital marketing specialist bertugas untuk mencari strategi digital marketing yang cocok dan bagus untuk bisnis kita. Mereka membuat rencana, dan melaksanakan pemasaran sekaligus memantau jalannya pemasaran digital yang kita lakukan.

Digital Marketing Strategist menyampaikan kepada target pasar tentang bisnis dan produk yang kita tawarkan melalui teknologi digital.

2. Digital Strategist

digital strategist
Digital Strategist

Digital strategist berperan untuk mengidentifikasi kebutuhan, peluang dan sasaran di dalam bisnis yang kita jalani. Digital strategist membuat perencanaan dan mengawasi jalannya rencana untuk mencapai tujuan bisnis dan membuat rencana bisnis yang memanfaatkan teknologi digital yang ada.

Digial strategist harus memahami tujuan bisnis yang ingin kita capai. Mereka harus memahami bisnis, produk dan jasa yang kita tawarkan kepada pelanggan, kemudian digital strategist akan membuat prioritas strategi menggunakan teknologi digital.

3. Social Media Strategist

sosial media strategist
Social Media Strategist

Peran dari social media strategist adalah bertanggung jawab untuk mengelola media sosial perusahaan dan bertujuan untuk meningkatkan brand awareness bisnis melalui sosial media. Social media strategist juga bertugas untuk mempromosikan produk bisnis kita dan meningkatkan penjualan dengan berinteraksi dengan pelanggan, karena media sosial menungkinkan kita untuk berinterasi dengan cepat  dan menjangkau pasar dalam skala yang besar

Social media strategist harus memahami setiap media platform yang digunakan perusahaan, strategi pemasaran melalui media sosial dan harus memahami bagaimana mengoptimalkan konten yang dapat menarik perhatian pelanggan di media sosial.

4. SEO Specialist

seo specialist
SEO Specialist

Tugas dari SEO specialist ini tidak lain adalah mengoptimalkan website bisnis kita agar terlihat dan berada di posisi teratas mesin pencari. Selain itu, SEO specialist juga berperan dalam mencari ide konten yang menarik yang diinginkan pelanggan.

Seorang SEO specialist akan melakukan pencarian, penelitian dan menganalisa tren-tren untuk mengembangkan strategi digital marketing dengan meningkatkan hasil pencarian.

5. SEM Specialist

sem specialist
SEM Specialist

SEM sendiri adalah metode pemasaran internet menggunakan iklan berbayar di mesin pencarian.

SEM specialist bertugas untuk memastikan situs kita berada di hasil teratas mesin pencarian saat pelanggan mencari konten yang berkaitan dengan bisnis kita dengan iklan berbayar di mesin pencarian. SEM specialist harus mengetahui berbagai mesin pencari yang biasa digunakan pelanggan, agar dapat dijangkau semua pelanggan.

6. Content Marketing Specialist

content marketing specialist
Content Marketing Specialist

Apa itu content marketing? Content marketing adalah pekerjaan yang bertanggung jawab atas manajemen blog, membuat dan menyampaikan konten yang berkualitas, informatif, dan relevan kepada pelanggan, berkomunikasi dengan pelanggan melalui konten yang kita buat.

Sebagai Content Marketing Specialist kita harus konsisten dalam membuat konten yang berkualitas untuk menarik minat pelanggan.

7. Marketing Analytics

marketing analytics
Marketing Analytics

Marketing analytics bertugas untuk menganalisis, mengukur dan mengelola kinerja strategi digital marketing yang kita gunakan untuk memaksimalkan efektivitasnya. Tim analytics akan menyaring data yang kita dapatkan untuk digunakan di planning ke depan.

Marketing analytics sangat penting untuk pengambilan keputusan perusahaan. Kita dapat menggunakan analitik untuk untuk menghasilkan feedback secara realtime, menemukan tren terkini. Data yang kita dapatkan, diolah untuk mengoptimalkan produk, dan untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

8. Marketing Designer

marketing designer
Marketing Designer

Marketing designer bertugas untuk merancang konsep desain dan membuatnya dengan menarik. marketing designer membantu perusahaan untuk mengembangkan dan mempromosikan produk dan jasa kita ke pelanggan.

Marketing designer menggunakan desain, warna, tipografi dan visual yang menarik sebagai alat untuk mempromosikan bisnis kita.

baca juga: 6 Keuntungan Menjual Produk Digital Secara Online

Penutup

Nah, artikel diatas berisi informasi 8 job desc dan tugas penting digital marketing dalam bisnis. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang membahas digital marketing berikutnya.

Leave a Comment