Inilah Asal-Usul 911 Kode Darurat Amerika Serikat

Raja Kreatif, Inilah Asal-Usul 911 Kode Darurat Amerika Serikat | Pada kesempatan kali ini kami akan membuat artikel yang berjudul asal-usul 911. Membuat artikel yang bermanfaat tentang sejarah asal-usul 911 menjadi suatu kesenangan tersendiri. Saat sebelum tahun 1960-an, di USA belum terdapat nomor telepon secara universal dalam satu pintu untuk menghubungi polisi, pemadam kebakaran ataupun hal darurat yang lain. Maka sebab itu, Anda harus membaca asal-usul 911 sampai tuntas.

Asal-Usul 911 Kode Darurat Amerika Serikat Yang Patut Anda Ketahui

Inilah Asal-Usul 911 Kode Darurat Amerika Serikat

Maka dari itu pada saati itu hal tersebut jadi kesulitan tersendiri untuk warga Amerika Serikat itu sendiri, bila terjadi hal darurat ataupun peristiwa yang tidak terduga. Serta, bila terjadi kejadian darurat, warga Amerika Serikat ini wajib mengetahui nomor telepon tiap unit yang berwenang di tempat mereka berada.

Contohnya di kota besar, polisi serta pemadam kebakaran memiliki tugas yang berbeda serta nomor telepon yang berbeda. Contohnya di Los Angeles, terdapat kurang lebih 50 departemen polisi yang berbeda, serta pastinya memiliki banyak nomor telepon yang berbeda pula.

Bila penelepon tidak tahu unit mana yang mesti dihubungi, operator akan mengarahkan panggilan darurat pada unit lain. Serta, permasalahan lain juga yaitu bila call center yang dihubungi masih sibuk bertelepon dengan penelepon lain. Jadi, sistem ini kurang sesuai untuk mengatasi hal darurat.

Misalnya, Anda mau di rampok ataupun bahkan mau dibunuh. Lalu, Anda telepon call center yang Anda ketahui, eh ternyata yang ditelepon bukan departemen yang berwenang. Maka dari itu hal tersebut akan diarahkan ke departemen yang berwenang.

Bayangkan, apa yang akan terjadi dengan Anda. Pasti tidak lucu bukan jika misalnya si pencuri menunggu Anda sampai bertemu unit yang berwenang yang pas, kemudian mulai merampok lagi.

Oleh sebab itu, National Fire Chiefs Association pada tahun 1957, menganjurkan supaya dibuat nomor telepon darurat nasional. Tetapi, itu mulai ditanggapi tahun 1967 pada era pemerintahan President Lyndon B. Johnson.

Suatu laporan pada Komisi Presiden Johnson mengenai Penegakan Hukum serta Administrasi Keadilan menganjurkan bahwa satu nomor telepon wajib ditujukan untuk penelepon untuk dipakai dalam kondisi darurat nasional, ataupun paling tidak di kota-kota besar.

Informasi itu pula merekomendasikan unit kepolisian untuk mempunyai 2 saluran telepon yaitu untuk keadaan darurat dan untuk panggilan bisnis biasa. Dengan begitu, penelepon yang mau memberi tahu kondisi darurat tidak akan ditunda sedangkan operator lain menolong seorang yang hanya mencari informasi.

Mengapa harus 911?

Untuk membuat nomor telepon universal, Federal Communications Commission (FCC) bertugas serupa dengan American Telephone serta Telegraph Company (AT&T) mencari tahu nomor apa yang seharusnya. Setelah merenungkannya, AT&T menyarankan pada tahun 1968 bahwa angka 9-1-1 harus jadi nomor telepon darurat universal yang baru.

Mengapa secara spesifik dipilih 911?. Sederhananya karena 911 pendek, mudah diingat, bisa dihubungi cukup cepat dengan beberapa digit saja. Serta memiliki jumlah digit yang berbeda dengan nomor biasa.

Mengapa angka tersebut bisa diresmikan, alasannya jelas karena pada waktu itu belum terdapat smartphone. Telepon pada era itu merupakan telepon rotary. Seperti gambar dibawah ini.

Asal-Usul 911

Kongres dari AT&T kesimpulannya memutuskan 911 sebegai nomor telepon nasional dan telah ditetapkan. Supaya dapat diterapkan segera, seluruh perusahaan telepon dimohon untuk mengupdate peralatan serta sistem mereka supaya sesuai dengan sistem panggilan 911.

10 tahun setelah kongres, telah terdapat sekitar 26% warga Amerika Serikat yang dapat serta tersambung nomor itu. Tahun 1989, meningkat jadi 50%. Setelah itu, 1 dasawarsa setelah itu bertambah jadi 93%. Saat ini telah 99% orang Amerika serikat memiliki akses ke nomor telepon gawat 9-1-1.

Baca Juga: Call Center 112, Panggilan Darurat Versi Indonesia

Penutup

Jadi, alasan penetapan 9-1-1 sebagai nomor telepon darurat USA, karena penetapan dari kebijakan AT&T, singkat, mudah diingat serta cocok dengan situasi telepon di jaman itu.

Leave a Comment

Chat
Chat